5 Tips Membuat Kopi Enak dari Produk Kemasan

Bagi sebagian orang, bahkan mungkin kamu termasuk di antaranya, minum secangkir kopi mampu membuat mata dan pikiran jadi lebih “melek” sehingga kamu pun semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Ibaratnya, kopi bisa jadi sejenis “bahan bakar” agar tubuh bisa bekerja secara optimal. Masalahnya, dengan berbagai aktivitas yang padat, kamu tidak mungkin datang ke kedai kopi atau meracik biji kopi setiap beberapa jam sekali demi mendapat asupan kafein.

Untung ada produk kopi kemasan seperti Kapal Api yang bisa kamu temukan di berbagai minimarket atau supermarket. Kamu bisa membelinya dalam jumlah yang diperlukan dan menyimpannya di rumah maupun kantor. Jadi, kamu bisa langsung membuat secangkir kopi setiap saat secara mudah. Apalagi jika kamu menerapkan lima tips ini, aroma dan rasa yang dihasilkan pasti jelas lebih enak!

Pilih dulu kopi kemasan berkualitas baik

Salah satu kunci utama agar kopi kemasan yang kamu buat bisa terasa maksimal nikmatnya adalah dengan menggunakan produk yang kualitasnya sudah terjamin baik. Daripada salah pilih, kamu bisa menggunakan Kapal Api Special Kemasan Sachet yang dibuat dari biji kopi Arabika dan Robusta pilihan. Bagi yang sangat sering minum kopi, akan lebih hemat jika kamu menggunakan Kapal Api Special Kemasan Ekonomis yang bisa menghasilkan 55 gelas kopi.

Larutkan dalam air dingin dulu, 

Umumnya, saat membuat kopi dari produk kemasan, kebanyakan orang akan langsung menyeduhnya dengan air panas. Alasannya agar bubuk kopi bisa lebih cepat larut. Padahal, agar kopi kemasan kamu menghasilkan aroma dan rasa yang jelas lebih enak, kamu dianjurkan untuk melarutkannya dalam air dingin dulu. Jadi, setelah memasukkan bubuk kopi di gelas, tuangkan beberapa sendok teh air dingin, lalu aduk hingga bubuk kopi larut.

Kalau Temen Ngopi langsung mencampur bubuk kopi kemasan dengan air panas, kandungan amylum yang terdapat dalam kopi akan mengeras. Nah, hal ini bisa membuat kopimu terasa “powdery”. Dengan mencampurkan air dingin terlebih dulu, bubuk kopi akan larut secara lebih halus sehingga aroma dan rasanya pun akan lebih enak.

Baru tambahkan air panas yang fresh

Bagi yang tidak punya dispenser air panas, mau tak mau kamu harus merebus air jika ingin menikmati kopi panas. Ada beberapa orang yang biasanya merebus air dalam jumlah banyak dan menyimpannya di dalam wadah termos. Mereka menggunakan air dalam termos ini untuk membuat kopi. Apabila suhu air sudah tidak sepanas sebelumnya, mereka akan kembali merebusnya.

Nah, hal tersebut membuat air panas kamu tidak fresh. Sebaiknya, panaskan air ketika kamu memang benar-benar hendak menyeduh kopi. Setiap kali Temen Ngopi merebus air, ada oksigen yang terlepas sehingga dapat mengubah rasa air. Apabila air direbus terus-terusan, tentunya rasa air jadi tidak se-fresh awalnya. Karenanya, pastikan air panas yang kamu gunakan untuk membuat kopi kemasan selalu fresh, ya!

Bukan pakai creamer, tapi susu UHT

Kopi dari produk kemasan juga bisa kamu gunakan untuk membuat latte, lho. Biasanya, kebanyakan orang mencampur kopi hitam dari produk kemasan dengan creamer. Namun, sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan susu UHT atau susu pasteurisasi. Penggunaan susu UHT akan membuat hasil kopi buatanmu jadi memiliki cita rasa creamy yang lebih legit.

Agar panasnya tahan lama, sajikan dalam gelas keramik

Wadah apa yang biasa kamu gunakan untuk menyajikan racikan kopi kemasanmu? Pemilihan wadah juga ternyata cukup berpengaruh terhadap kelezatan kopi, lho. Kalau Temen Ngopi lebih suka menikmati kopi dalam suhu panas, sebaiknya sajikan kopi dalam gelas keramik, bukan gelas kaca atau paper cup. Material keramik mampu mempertahankan kehangatan kopi lebih lama dari kedua jenis gelas lainnya.

Nah, sekarang kamu sudah siap menikmati kopi dari produk kemasan dengan aroma dan cita rasa yang jelas lebih enak. Pastikan juga kamu membaca petunjuk pembuatan kopi pada kemasan produk untuk mengetahui takaran kopi yang pas untuk digunakan. Semoga kopimu terasa nikmat di setiap seduhannya!