8 Fakta Unik tentang Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Di Indonesia, budaya minum kopi bisa dikatakan unik. Coba kita bandingkan dengan budaya minum kopi di luar negeri, Australia misalnya. Seperti dilansir dari salah satu situs berita lokal, penggiat dan pemilik kedai kopi Gerilya Coffee and Roastery Jakarta, Germawan Wahyadhiatmika, bercerita bahwa budaya minum kopi di Indonesia dan Australia sangatlah berbeda. Orang Indonesia bisa tinggal lama di sebuah kafe untuk minum kopi, sedangkan orang Australia cenderung minum kopi dalam waktu singkat.

Nah, fakta di atas hanyalah sebagian kecil dari banyak fakta menarik lain tentang kopi. Selengkapnya, bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta kopi, berikut delapan fakta menarik lain tentang kopi yang wajib kamu ketahui.

Kopi sangat bagus untuk kesehatan jika diminum dalam jumlah yang pas

Pada tahun 2014, Dr Qian Xiao dari National Cancer Institute Amerika Serikat mengatakan bahwa jika diminum dalam jumlah yang pas, kopi bisa mencegah kamu dari risiko penyakit liver. Masih dari sumber yang sama, survei yang dilakukan pada 27 ribu orang peminum kopi membuktikan bahwa ternyata orang yang minum kopi 3 sampai 4 cangkir sehari mengalami risiko terkena penyakit liver lebih kecil dari orang yang tidak minum kopi.

Untuk kamu yang penasaran berapa seharusnya anjuran yang pas untuk minum kopi sesuai cangkirnya, 3-4 cangkir kopi sehari adalah jumlah yang dianjurkan. Minum kopi di pagi hari, siang hari dan, terakhir di malam hari akan membantu kamu mendapatkan konsentrasi yang maksimal.

Kafein dalam kopi bisa menghilangkan rasa nyeri

Salah satu tim riset dari Norwegia melakukan penelitian terhadap 48 orang yang hampir setiap hari duduk saat bekerja sambil minum kopi. Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata sebagian besar dari mereka justru mengaku jarang mengalami masalah myeri pada leher dan perut dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Walaupun begitu, jika kamu mempunyai masalah pada leher atau perut, bukan berarti kamu harus langsung minum kopi dalam jumlah banyak. Minumlah kopi sewajarnya, misalnya 1-2 cangkir terlebih dahulu. Jika badan kamu merasa nyaman dan tidak menimbulkan reaksi apa pun ketika minum kopi, kamu bisa menjadikan minum kopi sebagai hal yang rutin.

Kafein dalam kopi bisa jadi penyebab insomnia

Mungkin ini fakta yang paling sering diketahui oleh orang-orang, yaitu kafein dalam kopi bisa menjadi penyebab utama seseorang mengalami insomnia. Studi yang dilakukan oleh divisi Sleep and Chronobiology Laboratory Universitas Colorado mengatakan bahwa kafein ternyata menghambat tubuh mengeluarkan hormon melatonin yang berfungsi untuk mengeluarkan rasa kantuk. Setidaknya satu cangkir kopi akan menghambat tubuh mengeluarkan hormon melatonin selama tiga jam.

Kualitas kopi akan tergantung saat penggorengan

Pernah merasakan ada perbedaan rasa antara kopi A dengan kopi B? Itu wajar karena setiap produsen atau biji kopi memiliki sistem penggorengan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sekarang banyak orang yang benar-benar mencari biji kopi yang telah melalui penyaringan dan penggorengan yang sempurna. Salah satunya adalah Kapal Api yang memang mempunyai quality control yang sempurna untuk urusan brewing dan roasting.

Sudah didirikan lebih dari 90 tahun, Kapal Api selalu konsisten memberikan kualitas yang sama dalam setiap produknya. Bahkan bisa dibilang Kapal Api selalu berevolusi untuk membuat biji kopi berkualitas setiap tahunnya agar kamu bisa menikmati kopi yang jelas lebih enak.

Afrika pernah krisis kopi karena kambing

Di salah satu daratan Afrika pernah muncul beberapa pohon kopi liar. Beberapa petani kopi kemudian ingin mengembangkannya menjadi perkebunan kopi. Tapi, sayangnya pada suatu hari ada sekumpulan kambing liar yang lewat dan kemudian memakan habis semua biji kopinya. Tidak seperti luwak yang mengeluarkan kotoran masih dalam bentuk biji kopi, kambing mencerna biji kopi dengan sempurna sehingga Afrika tidak mempunyai tumbuhan kopi lagi. Walaupun sekarang Afrika juga ada beberapa perkebunan biji kopi, kejadian tersebut sempat membuat Afrika mengalami krisis kopi.

Kopi pernah dilarang beredar sampai 3 kali

Sejarah kopi bukan tanpa masalah atau hambatan. Dalam sejarahnya, setidaknya perkembangan kopi ini mengalami tiga kali banned di beberapa negara. Pertama, di Mekah pada tahun 1511, kopi di-banned karena membuat orang lebih terjaga dan sering keluar malam. Kedua adalah larangan di Inggris pada tahun 1674 seperti yang dikisahkan di poin sebelumnya. Lalu, banned terakhir di Jerman pada tahun 1677, ketika itu pemerintah Jerman takut bahwa ekonomi rakyatnya akan hancur karena terlalu sering membeli biji kopi.

Eropa pernah menyebut kopi sebagai Arabian Wine

Ketika kopi pertama kali masuk ke Eropa dari Arab, banyak orang Eropa menyebut kopi adalah Arabian Wine. Alasannya tentu karena memiliki rasa yang sangat unik, kopi ternyata membuat orang ketagihan. Nama kopi atau coffee dalam bahasa Inggris diambil dari kata “qahwah” dalam Bahasa Arab dan kahveh dalam bahasa Turki. Itulah mengapa Arabian coffee masih mendapatkan tempat tersendiri dalam hati masyarakat Eropa.

Kamu bisa mandi kopi di Jepang

Ini bukan bercanda. Di Jepang, kamu bisa mandi kopi hanya dengan membayar 27 dolar atau sekitar 400 ribu rupiah. Di Yunessun Spa Resort, Hakone, Jepang, mereka menyediakan fasilitas agar pelanggan bisa mandi kopi. Bahkan ternyata Yunessun Spa Resort ini tidak hanya menyediakan fasilitas mandi kopi, tetapi juga mandi cokelat, wine, green tea, sake, dan terakhir yang paling baru adalah mandi ramen.

Itulah fakta-fakta menarik yang bisa kamu ketahui tentang kopi. Sebenarnya masih ada banyak lagi fakta unik lainnya mengenai kopi, nanti kita akan coba bahas di artikel selanjutnya. Selamat menikmati kopi.