Bagaimana Cara Kapal Api Membuat Kopi yang Jelas Lebih Enak?

Selama puluhan tahun, Kapal Api mampu bertahan di tengah persaingan pasar kopi Indonesia yang cukup ketat. Hal ini tidak terlepas dari konsistensi Kapal Api dalam menyediakan produk-produk yang berkualitas.

Tak hanya menggunakan biji kopi unggulan, Kapal Api juga selalu mengawasi proses pembuatan produk secara ketat, mulai dari pemilihan biji kopi mentah, tingkat penyangraian biji kopi, uji kestabilan cita rasa, hingga pengemasan produk. Tidak mengherankan apabila Kapal Api bisa menghasilkan kopi yang jelas lebih enak aroma dan rasanya.

Menggunakan Biji Kopi Pilihan

Dalam membuat produk-produk kopinya, Kapal Api menggunakan biji kopi Arabika dan Robusta terbaik yang sudah melalui proses seleksi ketat. Bahkan jika harga di pasaran sedang mengalami lonjakan, Kapal Api akan tetap menggunakan biji kopi pilihan untuk menghasilkan kopi dengan aroma yang harum dan rasa yang jelas lebih enak. Hal ini membuktikan bahwa Kapal Api benar-benar konsisten dalam memberikan produk berkualitas terbaik untuk seluruh Temen Ngopi di Indonesia.

Mix and Roasting

Setelah mendapatkan biji kopi pilihan yang siap untuk diolah lebih lanjut, biji kopi akan melalui tahap mix and roasting. Proses inilah yang akan menentukan karakter, aroma, dan cita rasa kopi. Biji kopi akan dimasukkan ke mesin khusus roasting, lalu disangrai pada suhu sekitar 200 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit. Tahap mix and roasting juga bertujuan untuk mengurangi kadar air yang terkandung dalam biji kopi. Idealnya, semakin rendah kadar air dalam biji kopi, semakin kuat aroma dan cita rasa kopi yang dihasilkan.

Grinding and Quality Control

Untuk mendapatkan kopi yang jelas lebih enak aroma dan rasanya, selanjutnya biji kopi akan didinginkan di dalam mesin khusus bersuhu sekitar 50 derajat Celcius. Setelah suhu pada biji kopi mulai menurun, baru biji kopi dimasukkan ke mesin penggiling dan diproses hingga halus. Proses ini dinamakan dengan grinding.

Mesin grinder juga akan secara otomatis memisahkan hasil gilingan yang halus dan kasar. Gilingan yang kasar akan kembali diproses hingga benar-benar halus. Sedangkan, biji kopi yang sudah halus akan langsung diambil dan diproses hingga tahap pengemasan.

Inovasi Tiada Henti

Bukan Kapal Api namanya jika tidak senantiasa melakukan inovasi. Temen Ngopi mungkin sudah sangat familiar dengan Kopi Kapal Api Special Mix. Tapi, apa kamu sudah tahu kalau Kapal Api juga mengeluarkan inovasi varian produk bernama Kapal Api Easy Drip? Dikemas langsung di dalam wadah drip bag, kopi satu ini cocok bagi kamu yang menginginkan sensasi kopi nikmat layaknya seduhan pour over di kafe favorit. Dengan Kapal Api Easy Drip, kamu pun bisa menikmati kopi tanpa ampas dengan aroma dan cita rasa yang jelas lebih enak.

Kapal Api dapat menjadi contoh bagaimana sebuah brand bisa bertahan sejak puluhan tahun lalu hingga sekarang. Kuncinya terletak pada kualitas produk yang setiap tahap pembuatannya memiliki kualitas kontrol sangat ketat. Pantas saja Kapal Api mampu menghasilkan kopi yang jelas lebih enak!