Ini Ciri-ciri Penipuan Promo Kapal Api

Hadiah miliaran rupiah merupakan hal yang sangat menggiurkan bagi banyak orang, dan hal inilah yang akhirnya banyak dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Banyak pihak yang mengaku sebagai Kapal Api menghubungi konsumen untuk mengatakan bahwa mereka telah menang promo. Setelah itu, konsumen disuruh mengirimkan sejumlah uang agar bisa menebus hadiah. Belum lagi modus-modus lainnya seperti SMS dan telepon. Beberapa dari mereka bahkan turut menyertakan website yang sama sekali tidak kredibel.

Nah, agar kamu, teman-teman, dan keluargamu tidak tertipu soal promo Kapal Api, sebaiknya kamu membekali diri dengan informasi ciri-ciri penipuan promo Kapal Api yang sering ditemui. Dengan begini, Temen Ngopi bisa waspada, memperingatkan, atau bahkan ikut melaporkan jika menemui kejadian serupa.

Kupon Palsu

Jangan percaya apabila kamu menemukan kupon Kapal Api yang isinya menyatakan bahwa kamu memenangkan hadiah mobil Mercedez Benz, sepeda motor Ducati, atau logam mulia. Dalam kupon tersebut, biasanya disebutkan kalau pemenang harus menghubungi layanan nomor ponsel dan nomor telepon rumah untuk pengurusan biaya administrasi seperti biaya balik nama, STNK, BPKB, dan faktur. Bahkan disebutkan pula nama instansi kepolisian di dalamnya.

Wah, Temen Ngopi, Kapal Api sama sekali tidak pernah menerbitkan kupon berhadiah, jadi jelas bahwa kupon tersebut merupakan penipuan. Kapal Api memang pernah mengadakan undian berhadiah mobil Mercedes Benz, tetapi mekanismenya tidak menggunakan kupon, melainkan dengan mengirim bungkus kosong ke alamat PO BOX yang ditentukan.

SMS

Seluruh pemenang promo Kapal Api selalu diumumkan melalui website resmi Kapal Api. Mereka juga akan langsung dihubungi oleh pihak penyelenggara. Jadi, apabila Temen Ngopi mendapatkan SMS yang mengatakan bahwa kamu baru saja memenangkan promo dari Kapal Api, apalagi jika kamu diminta untuk menghubungi orang tertentu, sudah bisa dipastikan kalau SMS tersebut merupakan penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selebaran

Beberapa konsumen Kapal Api juga pernah mendapatkan selebaran berisi informasi hadiah Mercedes Benz dari PT Santos Jaya Abadi selaku produsen kopi Kapal Api. Biasanya, selebaran tersebut ditujukan kepada “konsumen yang beruntung”. Di balik selebaran terdapat “syarat” yang mengharuskan kamu untuk melakukan pembayaran biaya balik nama dan administrasi agar hadiah bisa diambil.

Bahkan selebaran juga disertai dengan “surat keterangan kepolisian” yang ditulis seolah-olah kamu memang secara resmi memenangkan promo dari Kapal Api. Tapi tentu saja selebaran seperti ini merupakan penipuan.

Website atau Fanpage FB Palsu

Penipuan jenis ini masih berkaitan dengan metode SMS. Biasanya, penipuan yang dikirim lewat SMS akan disertai dengan alamat website atau Fanpage Facebook palsu. Metode ini mudah membuat orang awam terkecoh karena mereka melihat kode unik yang mereka dapatkan di SMS cocok dengan apa yang ada di website.

Biasanya, pihak tak bertanggung jawab juga akan memasang status “menunggu konfirmasi” dengan kode sama seperti yang kamu terima. Tujuannya adalah agar kamu merasa bahwa itu memang hadiah untuk kamu dan memang kamu belum melakukan konfirmasi.

Pemenang Tidak Dipungut Biaya Apapun

Pemenang promo Kapal Api berhadiah mobil Mercedes Benz, sepeda motor Ducati dan logam mulia sama sekali tidak dipungut biaya apa pun. Jadi, ketika ada seseorang yang menelepon, mengirimkan SMS, atau e-mail, dan mengaku sebagai pihak Kapal Api lalu meminta uang untuk pembayaran pajak, itu sudah dipastikan adalah penipuan.

Dengan mengetahui berbagai ciri serta metode penipuan tersebut, semoga kamu tidak terjebak penipuan apa pun yang mengatasnamakan Kapal Api. Ingat, promo Kapal Api berhadiah Mercedes Benz selalu ditayangkan di televisi, dengan pemenang yang akan diresmikan di website resmi (waktunyakapalapi.com) dan dihubungi secara langsung. Share artikel ini ke teman-teman kamu agar mereka bisa ikut waspada!