Pengaruh Penggunaan Air terhadap Kelezatan Kopi

Mau diminum pagi atau malam hari, kopi selalu bisa membangkitkan suasana hati setiap penikmatnya. Bahkan saking nikmatnya, terkadang kalau dalam sehari saja kamu tidak minum secangkir kopi, rasanya ada yang kurang. Aroma dan cita rasa kopi memang susah ditolak, apalagi kopi Kapal Api yang jelas lebih enak. Tapi, tahukah kamu bahwa aroma dan cita rasa kopi tak hanya dipengaruhi oleh jenis bijinya, tapi juga penggunaan air dalam penyeduhannya?

Kandungan mineral dalam air punya pengaruh yang besar pada kopi

Jenis kopi memang sangat berpengaruh dalam kelezatan penyeduhan kopi. Namun, tak hanya itu, air juga memegang peran yang tak kalah penting. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral dan kadar pH dalam air yang bisa memberikan efek cukup besar pada kelezatannya. Sehingga jika kamu menggunakan air yang salah, kamu bisa saja merusak aroma dan cita rasa kopi yang seharusnya lezat.

Samakan standar kualitas air yang biasa kamu minum dengan air untuk menyeduh kopi

Mengutip halaman makegoodcoffee.com, ketika ingin menyeduh kopi, cobalah untuk menyamakan standar kualitas air dengan air yang biasa kamu minum. Jika kamu tidak terbiasa minum satu jenis air, maka jangan asal memilih air untuk menyeduh kopi. Apalagi 95% isi dari secangkir kopi adalah air, tentu kamu tidak ingin merusak kualitas penyajian kopi, kan?

Tapi jika ingin menambah manfaat kesehatan lebih banyak, kamu bisa memilih air dari mata air alami. Menurut situs yang sama, air dari mata air alami merupakan jenis air yang paling sehat dan banyak mengandung antioksidan alami serta kualitas bergizi, yang tidak ditemukan di air lainnya. Nah, kamu juga bisa memilih air ini untuk menyeduh kopi Kapal Api kamu agar aroma dan cita rasanya lebih maksimal.

Gunakan air yang sudah disaring

Kamu juga bisa mendapatkan kualitas seduhan kopi terbaik di cangkir kamu dengan menggunakan air berkualitas yang sudah disaring, atau lebih mudahnya dari air minum dalam kemasan botol. Hindari jenis air yang sudah disuling atau dikurangi kadar kandungan mineralnya. Perhatikan pula rasio air yang kamu gunakan. Setidaknya gunakan 1 gr bubuk kopi dengan 15 ml air. Perhitungan ini juga bisa kamu gunakan sesuai dengan selera yang diinginkan.

Gunakan suhu air sekitar 90-96 derajat Celcius

Setelah membicarakan jenis air mana yang harus kamu pilih saat menyeduh kopi, perhatikan pula suhu air yang kamu gunakan. Demi mendapatkan rasa yang lezat dan paling ideal saat menyeduh kopi, tentukan ukuran suhu air yang untuk menyeduh, yakni antara 90 hingga 96 derajat Celcius. Dalam suhu ini, kopi dapat terekstrak secara optimal. Sedangkan jika suhu yang digunakan terlalu dingin atau sejuk, bisa membuat rasa kopi kamu menjadi flat. Suhu menjadi salah satu faktor yang berpengaruh untuk kenikmatan kopi, tidak boleh terlalu dingin dan panas. Kalau terlalu panas, kualitas rasa dari kopi itu justru menghilang.

Durasi memasak kopi

Lama memasak atau menyeduh kopi pun juga harus kamu perhatikan karena sangat mempengaruhi kelezatannya. Idealnya, rasa terbaik dari kopi akan terasa setelah terjadi kontak selama empat menit antara kopi dan air panas. Jika kamu membuat kopi menggunakan coffee press, waktu kontak idealnya adalah antara dua hingga empat menit saja. Tapi, khusus untuk jenis kopi espresso, lama kontaknya cukup sekitar 20-30 detik saja.

Rasa kopi terbaik bisa kamu nikmati segera setelah waktu kontak idealnya tercapai. Oleh karena itu, cobalah untuk langsung menikmati kopi kamu setelah dimasak. Aroma dan rasa kopi Kapal Api yang jelas lebih enak tentu akan semakin terasa jika kamu menggunakan beberapa tips di atas. Selamat menyeduh kopi!