PT Santos Jaya Abadi Konsisten Menciptakan Produk Kopi Dengan Kualitas Terbaik

“Di balik setiap pria hebat, selalu ada wanita suportif yang mendukungnya,”

Begitu kira-kira kalimat sebuah pepatah terkenal. Dalam kasus kopi Kapal Api, pepatah ini dirasa sangat tepat. Di balik besarnya merek kopi Kapal Api, ada sebuah perusahaan yang dengan konsisten menjaga mutu dan kualitas di belakangnya. Bagi yang belum tahu, perusahaan tersebut bernama PT Santos Jaya Abadi.

Peran PT Santos Jaya Abadi dalam memproduksi kopi tidak main-main. Ia sempat mengantarkan kopi Kapal Api meraih penghargaan Double Platinum dalam survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) tahun 2017 yang dilakukan oleh Majalah SWA dan lembaga survei Mars. Tidak hanya sekali, kopi Kapal Api bahkan berhasil menyabet penghargaan tersebut selama 16 kali berturut-turut.

Nah, untuk itu, agar bisa lebih mengenal Kapal Api, Temen Ngopi akan kami ajak untuk ikut berkenalan dengan PT Santos Jaya Abadi. Mulai dari sejarah singkat hingga perkembangan terkini, kamu bisa melihatnya di sini.

Menjadi Pelopor di Segala Sektor

PT Santos Jaya Abadi tidak besar melalui proses karbit. Hegemoni perusahaan tersebut tentu saja dibangun secara perlahan. Pada awalnya, Kopi Kapal Api hanya berupa usaha rumahan dan belum memiliki badan usaha resmi yang membawahinya. Namun, seiring berjalannya waktu, kerja keras PT Santos Jaya Abadi membuahkan hasil. Saat ini, pabrik mereka tersebar di dua daerah di Indonesia: Sidoarjo dan Karawang. Selain itu, mesin-mesin produksi yang digunakannya juga tidak sembarangan. PT Santos Jaya Abadi menggunakan mesin-mesin mutakhir yang berstandar internasional, jenis mesin yang tidak terpikirkan oleh para kompetitornya saat itu.

Walaupun saat ini kopi Kapal Api produksi PT Santos Jaya Abadi berhasil menguasai lebih dari 50% pangsa nasional, PT Santos Jaya Abadi sebelumnya harus berusaha keras untuk mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia yang terbiasa meminum kopi dengan dicampur bahan lain, seperti jagung misalnya. Mereka setidaknya membutuhkan waktu puluhan tahun hingga akhirnya orang-orang menyukai kopi asli.

PT Santos Jaya Abadi juga menjadikan kopi Kapal Api sebagai pelopor kopi yang menggunakan merek dagang disertai dengan logo, serta menjadi merek kopi pertama yang menggunakan artis sebagai bintang iklan mereka. Saat itu, bintang iklan pertama kopi Kapal Api adalah Alm. H. Benyamin Sueb.

Terus Berinovasi

Perkembangan zaman yang bergerak cepat pun mendidik PT Santos Jaya Abadi untuk terus berinovasi setiap saat. Untuk membuat Kapal Api semakin dikenal luas, PT Santos Jaya Abadi tidak hanya mengiklankan produk-produk mereka di media televisi atau sosial media, tetapi juga menciptakan customer engagement yang memosisikan konsumen sebagai subjek dan bagian dari Kapal Api. Customer engagement yang dimaksud bisa terlihat dari digelarnya program #BaristaMuda, sebuah program yang digunakan untuk menyebarkan serba-serbi kopi kepada anak-anak muda. PT Santos Jaya Abadi juga mengadakan roadshow untuk mengedukasi masyarakat mengenai kopi sembari mengenalkan bahwa Kapal Api adalah merek kopi terbaik Indonesia.

Inovasi-inovasi itulah yang membawa PT Santos Jaya Abadi mengalami pertumbuhan. Dikutip dari Majalah SWA, pada tahun 2015, PT Santos Jaya Abadi bahkan bisa tumbuh sebanyak dua digit meskipun kondisi perekonomian Indonesia cenderung berjalan lambat dan banyak industri yang mengalami kelesuan. Rahasianya pun sebenarnya begitu sederhana: jangan lelah untuk terus berinovasi, serta tetaplah konsisten menciptakan produk kopi dengan kualitas terbaik.

Besarnya nama Kapal Api sebagai produsen kopi di Indonesia merupakan bukti dari konsistensi PT Santos Jaya Abadi dalam menyokong produk-produknya. Selama bertahun-tahun, PT Santos Jaya Abadi terus menjaga kualitas kopi Kapal Api sehingga tak heran jika kopi Kapal Api memiliki aroma dan rasa yang jelas lebih enak.